BLOG RESMI GARUDA WISNU SATRIA MUDA

Sunday 19 March 2017

tari soreng


Hay Guys kembali lagi di tutorial blogspot saya,,
Gimana kabarnya guys,,pasti sehat dan baik” saja kan??

   Ok kali ini saya akan membuat sebuah artikel tentang jenis tari SORENG,, Mungkin sebagian dari sobat” semua belum banyak yang tau soal seni tari soreng.. ok nanti di bawah akan saya jelaskan,,
 Saya sendiri mengenal tari soreng ketika saya dan teman” saya serta calon istri saya mengunjungi sebuah acara tahunan di salah satu wilayah tempat tinggal kami.
 dan saya di kejutkan dengan pembukakan tari yang amat rapi serta kekompakan dari para penarinya itu,,, sebenarnya saya pun tak tau jenis tari itu tapi setelah brossing” di mbah google akhirnya saya pun sedikit mengenal jenis tari yang baru pertama saya lihat itu.
bauat temen temen yang belum mengerti soal tari soreng simak ya penjelasan dari saya berikut ini..

  
Langsung saja Kesenian Soreng yaitu sebuah Kesenian Tradisional yang menggambarkan tari prajurit yang menceritakan Kadipaten Jipang Panulan sebuah Kerajaan yang dipimpin oleh Seorang Hadipati yang bernama Haryo Penangsang dan Patih Ronggo Metahum beserta prajurit tersohornya diantaranya Soreng Rono, Soreng Rungkut, dan Soreng Pati.
  Haryo Penangsang adalah Seorang Raja yang mempunyai watak adigang-adigung dan adiguna punya iri hati terhadap kedudukan Sultan Hadiwijaya di Pajang. Kemudian Haryo Penangsang menyusunkekuatan Militernya dengan sering mengadakan latihan perang di alun-alun pusat Kerajaannya.
  Sewaktu latihan Perang berlangsung tiba-tiba datang seorang pekatik yang dipotong daun telinganya dan juga di kalungi surat penantang. Setelah dibaca, Haryo Penangsang memerintah semua prajuritnya untuk bergegas berangkat menuju ke Sungai Bengawan Sore.
Sejarah Ringkas Perjalanan Kelompok Kesenian Soreng
Kesenian tradisional Soreng, dulu nama populernya adalah Prajuritan, bentuk pertunjukan merupakan tari kelompok. Kesenian ini konon peninggalan dari nenek moyang yang hidup dan berkembang di antara lereng Gunung Merbabu dan Gunung Andong, tepatnya di Dusun Bandungrejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

saya mengambil contoh tari soreng dari grup kesenian WBM magelang
 Dalam perjalanannya pertunjukan kesenian prajuritan tahun 60-an dilengkapi dengan peran penari tokoh oleh Bapak Taryono dengan mengambil cerita dari Kadipaten Jipang Panulan yang dipimpin seorang Hadipati bernama Hayo Penangsang dengan segenap prajuritnya antara lain: Soreng Rono, Soreng Pati, Soreng Rungkut, Patih Ronggo Metahun dan pekatik sehingga kesenian ini dinamakan Kesenian Soreng.

  Pada tahun 80-an kesenian itu sedikit ditata lebih baik alur ceritanya, penempatan penari tokoh, tatarias, busana maupun iringan oleh Seksi Kebudayaan Depdikbud Kabupaten Magelang dan di populerkan lewat lomba atau festival tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional dan berhasil menyabet Juara 1.
Sampai sekarang permintaan untuk pentas sangat luar biasa pada bulan-bulan tertentu seperti suronan, saparan, 17 Agustus-an baik di wilayah Kabupaten Magelang dan sekitarnya dalam 1 bulan mencapai 24 kali pentas atau pertunjukan seni.
Kesenian Soreng masuk dalam adegan Karya Besar Sendratari Mahakarya Borobudur yang spektakuler di produksi oleh ISI Surakarta dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dalam 1 tahun kurang lebih 4 kali pertunjukan di panggung Aksobya Borobudur. Sebagai warga Kabupaten Magelang saya ikut takjup dengan kesenian itu yang mampu mengangkat nama baik Kabupaten Magelang.
Dengan penambahan peran penari tokoh, kesenian ini menjadi tontonan lebih menarik dan atraktif sehingga sangat digemari oleh masyarakat pendukungnya dan tahun 1974 mendapat pengesahan dari Depikbud Kabupaten Magelang.

  Kurang lebih seperti itu tentang cerita Kesenian Soreng yang amat saya kagumi itu, Mohon maaf  pengertian dari Saya ada yang tidak benar, Boleh buat Sobat” yang mengetahui tentang Kesenian Soreng lebih detail bisa komen di bawah ini..
Jangan lupa like dan Follow Blog Saya ya?? 

No comments:

Featured post

Hasil rapat anak" GWSM yang di selenggarakan beberapa minggu lalu menghasilkan beberapa point" penting untuk kemajuan Garuda Wi...